Pedagang Macam Apa ?


Kalian semua pasti pada enggak asing kan ya sama yang namanya pedagang.
Yup. Mulai dari pedagang kaki lima sampe pedagang kaki seribu
#eeeeh lu kira ulet kaki seribu. Hahaha

Sebenernya gue enggak mau ngebahas pedagang sih, tapi mau gimana lagi gue suka kesel sama pedagang-pedagang yang menurut gue suka se-enaknya sendiri. Kalian pernah enggak sih ngalamin lagi beli nih misalnya bubur, gue nanya “bang, berapa harga kancut lo buburnya ?. nah trus abangnya diem sebentar agak mikir trus dia bilang Rp.7.000,- . oke fine mang, di bungkus satu ah ! . nah yang bikin gue jengkel enggak lama gue mesen ada ibu-ibu yang bayar cuma Rp.5.000 dengan porsi yang sama. Kenapa gue bisa tau porsi nya sama karena sebelum punya gue yang di bikinin sama abangnya, punya si ibu itu dulu, jadi gue tau. #aissshhh

Bukan karena harganya yang beda Rp.2.000 doang ya tapi kejujuran hati sang pedagangnya yang bikin gue kesel, helooooww mau buru-buru beli alphard lo bang ! nyari untung dengan cara seperti itu. Huaa gue doain deh lo supaya kebeli tu mobil biar kalo lo dagang enggak curang lagi. #pray forabangbubur

Kalian pernah ga si ngalamin hal kaya gitu ?
Ya enggak mesti tukang bubur juga si, tapi maksutnya hal yang sejenis kaya gitu.

Nih gue punya 7 jenis pedagang versi on the spot  gue  !

1.Abang-abang enggak jujur

Ya sama kaya cerita gue di atas, golongan abang-abang tadi termasuk abang yang enggak jujur. Cuma karena mau lebih untung dia ngebohongin gue sebagai pelanggan. Harusnya kalo mau lebih untung kualitas barang dagangan  lo yang lebih di utamakan bukan kebohongan lo bang.

Trus bukan Cuma itu aja bentuk ketidak jujuran dari sang pedagang. Kalian pada suka baca nonton berita kan ya ? yang suka ada pedagang nyampurin dagangannya pake formalin biar dagangannya awet gitu. Iih ngeri boo pengawet mayat dipake buat ngawetin makanan.

Mbok yo kalo mau di awetin makanannya pake bahan yang aman gitu bang, saya sebagai konsumen merasa waswas dengan makanan-makanan yang mengandung formalin itu #curcol

  
2. Abang-abang yang enggak mandi

Aiih dari judulnya aja enggak enak ye ! hahaha
Ini juga tipe pedagang yang enggak gue suka,
Ko bisa tau si abangnya gak  madi tom ?
Begini gue punya insting menilai orang itu udah mandi atau belum, gue juga enggak tau gimana caranya. Tapi gue punya tips gimana bisa liat abang itu mandi atau engga?

1.       Lo cium keteknya, kalo cara ini terlalu extreme buat lo berarti ikuti cara kedua
2.       Lo gosok dakinya dari tangan abangnya, kalo keluar banyak daki berarti bener dia    enggak mandi

Alhamdulilahnya gue enggak pernah ngalamin 2 cara itu, soalnya gue udah tau dari radius 100m kalo si abang itu udah mandi atau belom. hahaha


3.Abang-abang yang dekil

Nah, tipe abang-abang yang satu ini hampir mirip sama tipe abang-abang yang ke-2,
Kan biasanya kalo ga mandi so pasti si abang penampilannya dekil doong. Haha

Eh tapi menurut survey gue selama makan di warteg-warteg, entah kenapa penampilan pedagang yang dekil masakannya lebih enak dari yang lainnnya. Tapi dekil disini bukannya ga mandi ya, tapi dekil Karena di depan kompor terus jadi kan dia kepanasan terus keluar kringet terus dong, mangkanya dia keliahatannya dekil. hahaha

 Apa mungkin masakannya enak karena ketetesan keringet dari dia ya ?
#hening
#lupakan


4.Abang-abang yang asik

Di deket rumah gue ada tukang cimol, lo semua pada tau kan cimol apa ? sejenis makanan dari tepung sagu itu looh. Kalo yang gatau gue mau ngomong ini “helooow hare gene ga tau cimol” hahaha

jadi tukang cimol itu menurut gue tukangnya asik abis, dia di panggil sama pelanggannya “cabok” (baca: tabok) gue juga ga ngerti kenapa bisa di panggil kaya gitu. #lupakan

si cabok ini orang nya asik loh, dia suka pake bahasa-bahasa gawl getooh !
misalnya, haloh broow ! mau beli berapa ?
dan mukanya tuh yang bikin tambah asik, kalo kata gue ma mirip wendi klo lagi ngomong gaul gitu. Haha


5.Abang-abang yang flat

Ada lagi abang-abang yang tipenya kaya gini ni.
Males banget gue kalo ketemu sama abang-abang yang kaya gini. Kesannya tuh si abang kaya mati segan hidup tak mau tau gak lo.
Gue pernah ketemu sama abang tukang gorengan yang tipenya kaya gini.
Gue waktu itu beli gorengan tuh ya di dia

Gue : bang, harga gorengannya berapa ?
Abang : Rp.500.-
Gue : ambil 13 ya bang gorengannya, jadi berapa ?
Abang : Rp. 6.500,-

Helooh, males banget gue kalo ketemu sama si abang yang satu ini, kalo ga di Tanya mungkin dia diem terus kali ye dangangnya.
Gimana dagangan lo bisa laku bang, kalo dagangnya diem gitu.
Dan yang paling males lagi, si abang tipe ini biasanya jarang senyum. Hiih Flat gela


6.Abang-abang yang gaul

Nah, abang-abang yang satu ini gampang banget di ajak ngobrolnya
Dan rata-rata si abang ini umurnya masih muda, ya ga tua-tua amat gitu maksutnya.
Mungkin karena dari umur juga kali ya mangkanya dia masih suka ngikutin trend. Mulai dari pakaian nya juga. Dia ngikutin juga. Misalnya syahrini yang terkenal dengan kaftannya, ga tutup kemungkinan kalo misalnnya tuh kaftan ada versi cowonya tuh abang-abang gaul pada pake kaftan kalo jualan.

Di daerah rumah gue ada tukang soto mie yang gaul juga nih. namanya mang geboy
Ohmegot, seksi sekali nama abang yang satu ini
Iya itu juga kesan pertama yang gue dapet setelah ngedenger nama itu.
Dan ternyata. Nama geboy itu nama pemberian dari kumpulan ibu-ibu langganannya.
Soalnya dia kalo lagi dorong gerobaknya dia ngambil posisinya aga nungging sedikit terus kalo dia lagi jalan *maaf* pantatnya yang rada gede itu kaya lagi goyang gitu. Geal geol. Mangkanya di panggil mang geboy sama ibu-ibu.


7.Abang-abang yang galau

nah gue paling prihatin sama abang-abang yang satu ini.
Biasanya ciri ciri nya nih ya

1.      Mukanya selalu di lipet *itu muka apa bungkus nasi di lipet mulu*
2.      Kalo ngelayanin pelanggannya juga kaya yang males malesan

Rasanya pengen banget teriak ke dia.
Wooy semangat bang !!!
Hidup penuh perjuangan !!!
Jangan Males-Malesan !!!

ya emang gue enggak tau seberat apa masalah yang di derita si abang, mungkin seberat cicilan motor ade gue yang belom lunas-lunas juga. Atau mungkin seberat batu ginjal ?
yang pasti hidup itu harus dijalankan bukan untuk dipikirkan
jadi ngapain juga si abang itu galau mikirin masalah-masalahnya. Mending juga jalanin kehidupannya. Misalnya kehidupannya itu dari berdagang. Ya berdaganglah dengan senang hati. Niscaya kegalauan-kegalauan itu bakalan ilang semuanya #salamsuper

3 komentar:

  1. AAAAAA gue jadi ga napsu lagi beli makanan di amang2 gerobak kaaaan tanggung jawaaaaab!! apalagi yang netes2 keringet itu hoeeeeek

    BalasHapus
  2. hm... akhirnya diupdate juga ini blog :D

    kalo aku sih, gimanapun abang-abang nggak jujur itu yang utama harus dihindari. haha

    BalasHapus
  3. @suci : knp jadi ga napsu ? ya jangan diliatin keringet abangnya. liatin aja dagangannya ato ga inget muka aku yang kiyut ini aja kaka :3

    @septi : makasi loh udah nugguin update dari blog ini :D

    BalasHapus

ayo di isi kolom komentarnya